Posted by: Nando | 23 April 2008

Ujian Tengah Semester

Nama/NIM : Nando
Fakultas :
Jurusan : Hubungan Internasional
Mata Kuliah :
Nama Dosen :

1. Resume dalam bentuk bagan

(klik gambar untuk melihat selengkapnya)

maaf hyperlink pada gambar telah diganti

Resume Dalam Bentuk Bagan

2. Resume weekly news

Berdasarkan weekly news, Uraikan dalam 200 kata, kondisi real yang terjadi di negara masing-masing.

Selandia Baru saat ini tengah menikmati kesuksesan reformasi sistem ekonomi-nya, yang mulai dilakukan pada tahun 1980-an untuk menghindari keterpurukan akibat krisis ekonomi yang melanda negeri tersebut. Kesuksesan tersebut dapat dilihat dari perubahan-perubahan pola hidup masyarakatnya dan juga perkembangan-perkembangan dalam pembangunan. Salah satu reformasi yang dilakukan oleh pemerintahnya adalah mengenai pola investasi negara tersebut. Selandia Baru yang tadinya mengandalkan hubungan bilateral dengan Inggris kemudian terpaksa mencari sumber pemasukan baru bagi kelangsungan perekonomiannya, kemudian diatasi dengan menggalakkan perdagangan, industrialisasi, dan penanaman modal asing.

Pada tahun 2008 khususnya di bulan Maret, pemerintah mengeluarkan kebijakan peraturan baru mengenai pajak pembagian kepemilikan asing. Peraturan tersebut bertujuan untuk melindungi aset-aset strategis penyokong perekonomian negara supaya tidak sepenuhnya berada dalam kontrol asing. Namun, yang terjadi kemudian adalah timbul kontroversi bahkan didalam kalangan pemerintahan sendiri mengenai efektifitas kebijakan tersebut karena beberapa faktor:

Batasan-batasan mengenai aset mana yang boleh dimiliki asing dan pemerintah masih tidak jelas. Hal tersebut dapat menimbulkan kerancuan dalam penerapan kebijakan tersebut.

Setiap investor membutuhkan kepastian regulasi. Dengan adanya peraturan ini, besar kemungkinan iklim investasi dapat menumpuk hanya di beberapa sektor kecil karena para investor akan memilih sektor-sektor yang telah jelas regulasinya.

Menanggapi kontroversi tersebut pemerintah Selandia Baru kini tengah mengkaji lebih lanjut mengenai batasan-batasan aset yang dapat dimiliki asing.

Isu yang juga tengah marak di Selandia Baru adalah mengenai tindakan represif China dalam kasus Tibet. Masyarakat dan sebagian kalangan perlemen masih mendesak pemerintah mereka untuk mengambil sebuah tindakan penyelesaian atas kasus tersebut.

Kaitkan kondisi real tersebut dengan basis kapabilitas negara. Kemukakan alasan mengapa kondisi tersebut (resume weekly news) terjadi. Uraikan dalam 100 kata.

Defisit akun yang mencapai 8,2 % dari GDP, serta lambatnya perkembangan di sektor ekspor non-komoditas, dan perkembangan produktivitas buruh merupakan sebagian masalah yang tengah dihadapi oleh Selandia Bru. Dengan tidak jelasnya regulasi dalam pola investasi, maka akan berpengaruh pada penurunan tingkat investas asing di negara tersebut. Seperti dalam kasus pembagian kepemilikan bandara Auckland dengan sebuah perusahaan Kanada yang sempat mengalami penundaan selama delapan bulan karena proses birokrasi dan masalah perdebatan regulasi.

Mengenai masalah Tibet, tuntutan kalangan parlemen dapat didasarkan pada posisi tawar Selandia Baru yang merupakan target China dalam perdagangan bebas. Selandia Baru dapat menjadi kelompok penekan bagi China karena juga memiliki peranan penting di kawasan Pasifik Selatan (South Pacific Community, South Pacific Forum) yang dapat menjadi gerbang bagi China untuk memasarkan produk-produknya sekaligus membangun citra di kawasan Pasifik Selatan. Disamping itu hubungan erat Selandia Baru dengan Australia dan Inggris, juga dapat menjadi pertimbangan China. Selandia Baru juga tidak dapat berdiam diri melihat tindakan China karena kebijakan luar negerinya yang menekankan peran aktif dalam perdamaian dunia, dan penghargaan terhadap HAM.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: