28 Juni 2008

Polling: Partai Buruh Kehilangan Dukungan Lainnya di Auckland

Sabtu 28 Juni 2008

Dukungan terhadap Partai Buruh di Auckland menurun secara dramatis dalam survey DigiPoll terbaru situs berita Herald. Sebulan setelah kekerasan di Aucland Selatan dan kenaikan harga bahan bakar yang mendominasi perhatian publik.

DigiPoll bulan Juni situs berita Herald menunjukkan dukungan terhadap Partai Buruh di Auckland telah jatuh pada angka 28,2 persen yang berarti turun 10 angka dari posisinya bulan lalu di dukungan 38 persen.

Lain halnya dengan Partai Nasional, yang meraih angka dukungan 58 persen di Auckland.

Dukungan terhadap Partai Nasional juga bertambah di tingkat nasional yaitu 54,9 persen. Angka tersebut merupakan angka tertinggi sejak survey DigiPoll dimulai, dan memperlebar jarak antara kedua partai dari sebesar 15 angka di bulan Mei menjadi 22,5 angka di bulan ini.

Dukungan nasional terhadap Partai Buruh telah jatuh empat angka semenjak bulan lalu 32,4 angka, namun, penurunan jumlah di Auckland – yang seringkali menjadi tempat tolak ukur menang atau kalahnya sebuah pemilihan – menjadi perhatian utama partai.

Bagaimanapun juga, Helen Clark yang saat ini sedang menjabat sebagai Perdana Menteri ternyata tidak begitu tersakiti. Dukungan terhadapnya ternyata bertambah menjadi 45 persen, sementara John Key berkurang satu angka menjadi 46 persen.

Periode polling dilakukan pada masa dimana kejahatan yang mengikuti sejumlah pembunuhan dan kekerasan di Aucland Selatan mendominasi. Kemarin, juru bicara Perdana Menteri mengatakan hal tersebut mempengaruhi hasil polling.

Selain itu, ia mengatakan bahwa kepemimpinan Helen Clark juga menggambarkan masalah dalam masa kepemimpinan beberapa Perdana Menteri sebelumnya.

Pemimpin Partai Nasional John Key mengatakan bahwa kelemahan Partai Buruh dalam menyelesaikan kejahatan kekerasan telah membuatnya kehilangan dukungan.
Hal ini mengkonfirmasikan tren dalam beberapa survey lainnya, bahwa masyarakat telah menolak manajemen ekonomi Partai Buruh dan frustasi dengan meningkatnya kekerasan sipil yang tidak dapat ditanggulangi.”

Aspek ekonomi terus bertambah menjadi isu utama yang mempengaruhi para responden (23.8 persen)

Akan tetapi, publik juga menyoroti tentang kekerasan yang terjadi dan meminta agar dipilih sebagai isu berikutnya juga mempengaruhi survey.

Diantara beberapa partai minor, Partai Selandia Baru Pertama menerima kenaikan sampai 3.3 persen – mendekati 5 persen jumlah untuk secara otomatis diqualifikasikan untuk kursi di Parlemen – setelah beberapa bulan terjadinya kekerasan dan Super Gold Card yang didapatkan pemimpinnya Winston Peters diamankan dalam anggaran.

Partai Hijau (5,9 persen) menjadi satu-satunya partai kecil yang mencapai angka diatas 5 persen.

Sumber: nzherald.co.nz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: