4 Maret 2008

Key Dinilai “Licik” Seputar Masalah Bandara Auckland

Auckland Airport

16.48, Rabu, 4 Maret 2008

Menteri keuangan Michael Cullen menilai pemimpin Partai Nasional John Key “licik” dalam pendiriannya terhadap gerakan Pemerintah untuk melindungi Bandara Auckland dari kontrol asing.

Cullen malam tadi mengumumkan peraturan baru tentang investasi asing yang mengizinkan para menteri untuk menolak persetujuan yang dapat membuat kontrol atas tanah dan aset-aset strategis jatuh dalam kepemilikan asing.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan tanggapan atas ketidakpastian dalam tawaran pembagian kepemilikan bandara oleh Pengurus Rencana Investasi Pensiun Kanada.

Malam tadi tawaran pengurus telah berhenti di 11.58 persen dari pembagian. Pengurus tersebut menginginkan 40 persen, dan jika ingin tawarannya sukses mereka harus memenangkan 50 persen suara.

Perubahan regulasi telah dilakukan kemarin atas perintah Dewan, sebuah proses yang berarti tidak memerlukan izin dari parlemen.

Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa publik Selandia Baru percaya aset-aset strategis seharusnya tidak diberikan kedalam kontrol asing,” kata Cullen.

Pagi ini pembagian bandara jatuh di angka 2.2 persen, sebelum dikoreksi, dan pasar secara umum jatuh diatas 1 persen.

Key menuduh Cullen sebagai oportunis politik dan meremehkan keyakinan diri Selandia Baru sebagai tujuan investasi.

Akan tetapi Cullen menggunakan komentar Key yang berkata bahwa publik Nasional akan mengizinkan aset-aset strategis jatuh ke tangan asing.

Key mengatakan bahwa publik Nasional akan mendapatkan isu seputar kepemilikan Bandara Auckland yang mayoritasnya oleh asing, “tapi kita lebih tenang seputar kepemilikan minoritas”.

Ditanya wartawan apakah ia mendukung apa yang dilakukan pemerintah semalam, Key mengatakan: “Tidak, menurut saya kita harus sangat berhati-hati saat melakukan perubahan pada hukum investasi… yang murni dilakukan untuk alasan politis.”

Key sebelumnya telah beberapa kali mendapatkan pertanyaan mengenai dukungannya terhadap pemerintah, tapi jawabannya selalu sama.

Kita telah menunggu dan melihat apa yang sebenarnya mereka lakukan. Apa yang saya katakan adalah masalah ketika hal tersebut merambah pada aset-aset strategis dalam term kepemilikan mayoritas, terdapat perbedaan yang jelas dalam pandangan saya mengenai kepemilikan minoritas.”

Key mengatakan bahwa pernyataan pemerintah tidaklah jelas mengenai batasan apa yang dipakai dalam kepemilikan aset-aset strategis oleh asing dan dia senang dengan peraturan dan hukum yang ada.

Hal tersebut dengan cepat menjelaskan kepada saya bahwa hukumnya tidak efektif”

Cullen menggambarkan posisi Key sebagai orang yang “licik” karena kontrol perusahaan dapat dijalankannya dengan tanpa mayoritas yang absolut dalam kasus apapun.

Cullen juga mengatakan Kabinet kemarin telah membuat keputusan yang dibutuhkan sebelum pembagian kepemilikan Bandara Auckland diserahkan kepada tawaran dana pensiun Kanada.

Idealnya (internasional) kita takkan mendapatkan tawarannya di tempat pertama,” menurut Cullen.

Ia tidak percaya para investor asing akan dibayangi oleh manuver pemerintah karena Selandia Baru masih memiliki salah satu dari rezim investasi luar negeri yang paling liberal di dunia

Pengamat keuangan nasional, Bill English, mengatakan bahwa publik nasional percaya adanya peraturan yang jelas untuk memastikan bahwa penawaran Kanada tidak akan mengambil kendali.

Investor butuh tahu dengan pasti peraturan-peraturan apa saja dan juga tahu bahwa mereka tidak akan berubah pikiran di menit terakhir. Tawaran Kanada tersebut telah masuk sejak Juli tahun lalu,” kata English.

Michael Cullen saat ini mengungkapkan pertanyaan tentang bagaimana pertaruhan minoritas dengan investor luar negeri dapat memenangkan mereka atas aset-aset penting lainnya seperti Telecom.”

NZPA

Sumber : nzherald.co.nz
Kembali ke halaman Berita

Responses

  1. gak ngerti….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: